Kamis, 06 Agustus 2015

PERANAN KOMPUTER DALAM BIDANG BISNIS

PERANAN KOMPUTER DALAM BIDANG BISNIS
Tugas mandiri : Untuk memenuhi nilai mata kuliah Pengantar Aplikasi Komputer












SETIORINI
(20141207755)



PROGRAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS PAMULANG
Jl. Surya Kencana No.1, Pamulang, Tangerang
Banten
2015


ABSTRAK



Setiorini. 20141207755. PERANAN KOMPUTER DALAM BIDANG BISNIS. Falkutas Ekonomi. Program Studi Akuntansi. Jl. Sura Kencana No.1, Pamulang, Tangerang, banten.
Makalah ini memang masih awam untuk di gunakan sebagai sebuah acuan, namun penulis mempunyai alasan dan tujuan untuk memilih judul tersebut menjadi sebuah pembahasan. Dimulai dari mengenal unsure-unsur dalam berbisnis. Sembari menghubungkan apa saja yang menjadi unsur bisnis dengan kegiatan nya, supaya dapat di permudah dengan mengunakan komputer.
Di dunia banyak kegunaan komputer karena penulis merasa ketidak sangupan untuk memaparkan seluruh kegunaan komputer itu sebabnya di ambil sub yang lebih spesifik yaitu di bidang bisnis.
Melalui tugas pembuatan makalah ini di temukan bagian dari unsur bisnis yang dapat dipercepat kinerja nya dengan mengunkan komputer sehingga dapat mengurangi pengeluaran di perusahaanSetiorini. 20141207755. ROLE OF COMPUTER IN THE FIELD OF BUSINESS. Economic Falkutas. Accounting Study Program. Jl. Kencana Sura 1, Pamulang, Tangerang, Banten.
This paper is still common to use as a reference, but the author has a reason and purpose to select the title into a discussion. Starting from familiar elements in business. While connecting what are the elements of the business with its activities, in order to facilitates using the computer.
In the world of many uses computer because the author felt the lack sangupan to expose the entire usefulness of computers it is taken the more specific sub is in the business field.
Through the task of making this paper is found part of the business elements that can be accelerated its performance with mengunkan computer so as to reduce expenditure in company
KATA PENGANTAR


Puji dan syukur dipanjatkan untuk tuhan pencipta alam Allah S.W.T yang telah menciptakan manusia dapat berfikir sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul “PERAN KOMPUTER DALAM BIDANG BISNIS” dengan baik.
Terimakasih untuk Universitas Pamulang karena telah di perkenankan untuk membuat makalah, yang bertemakan peranan komputer dalam kehidupan kita. Dan penulis berterimkasih ke berbagai penulis di media Internet yang telah memberi banyak informasi secara gratis. Terimasih untuk kedua orang tua yang telah mendukung dan pemberi nasihat dalam penyusunan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi banyak kalangan. Serta penulis mengharapkam saran dari para pembaca, agar lebih baik lagi kedepannya dalam membuat makalah. Saran dapat di sampaikan ke penulis melalui email di setiorini1795@gmail.com
Jakarta 2015


Penulis


BAB I
PENDAHULUAN


1.1.Latar belakang

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika [1] (Wikipedia, Komputer, 2015)
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.[2] (Wikipedia, Bisnis)
Dalam bisnis orang akan memperhitungkan berapa besar modal yang di perlukan, bagaimana menambah modal di tiap priodenya. Sehingga bisnis yang kita jalankan terus berkembang di karenakan pertambahan modal yang kita miliki dari pendapatan laba.
Modal (capital) meliputi  mesin, peralatan, perlengkapan, dan fasilitas fisik. Semua jenis modal ini umum digunakan oleh sumber daya manusia untuk menghasilkan produk. Fasilitas fisik biasanya dipergunakan untuk menghaslikan banyak jasa maupun produk. Terutama dalam tahun-tahun terakhir ini, teknologi telah meningkatkan bisnis untuk menggunakan modal secara efektif. [3] (Madura, 2007)
Karena perkembangan teknologi saat ini mendorong orang untuk berkerja lebih efektif dan efesien dalam mellakukan hal apa pun. Sepeti mencari informasi (internet), mempermudah pekerjaan (computer), mendekatkan jarak yang jauh (telepon atau email, penyampaian pesan, hiburan serta hal-hal lain. Sehingga para pelaku bisnis juga mengunakan peluang dalam pengunaan teknologi untuk meringankan modal, melakukan pemasaran dan lainya.
Teknologi (technology) dapat didefinisikan sebagai pengetahuan atau perlengkapan yang digunakan untuk menghasilkan produk atau jasa. Internet adalah contoh yang jelas dari teknologi. Dengan menggunakan teknologi untuk meningkatkan modalnya, banyak bisnis mampu menghasilkan produk dan jasa dengan lebih cepat dan dengan kualitas yang lebih tinggi. Dengan demikian, bisnis lebih mampu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. [4] (Madura, 2007)
Peranan komputer didalam bisnis kita akan lebih rincikan kegunaan di bidang bidang yang paling di butuhkan dalam menjalankan binis. Seperti memasarkan produk atau jasa, mempercepat dan meningkakatkan jumlah produksi, untuk mempermudah membuat laporan keuangan, pencarian tenaga kerja, serta pengorganisasikan perusahaan bisnis kita, serta pengumpulan data yang cepat. Sehingga kita dapat menganaliasis bisnis yang sedang kita jalankan.

1.2.Identifikasi masalah

1.1.1.   Pemasaran produk yang belum cepat meluas.
1.1.2.   Rencana produksi yang belum stabil.
1.1.3.   Laporan keuangan yang sering terlambat.
1.1.4.   Ketersediaan SDM yang belum sesuai.

1.3.Pembatasan masalah

Agar pembahasan makalah ini lebih terarah, terfokus, dan tidak meluas, penulis membatasi pembahasan pada peranan komputer dalam membantu masalah yang telah di indentifikasikan di bagian indentifikasi masalah, terutama bisnis di Indonesia. Ini dapat di lihat dalam ruang lingkup pengunaan sistem komputer pada bidang bisnis di Indonesia.

1.4.Rumusan masalah

1.4.1.      Apa penyebab pemasaran produk belum cepat meluas?
1.4.2.   Apa penyebab rencana produksi yang belum stabil?
1.4.3.   Apa penyebab laporan keuangan yang sering terlambat?
1.4.4.   Apa penyebab ketersediaan SDM yang belum sesuai?

1.5.Tujuan

1.5.1.   Untuk mengetahui penyebab pemasaran produk belum cepat meluas.
1.5.2.   Untuk mengetahui penyebab rencana produksi yang belum stabil.
1.5.3.   Untuk mengetahui penyebab laporan keuangan yang sering terlambat.
1.5.4.   Untuk mengetahui ketersediaan SDM yang belum sesuai.

1.6.Manfaat

Makalah ini memang belum sebaik para pakar penulis buku yang lebih ahli namun, penulis berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk menambah koleksi ilmu pengetahuan di Universitas Pamulang dalam Fakultas Ekonomi dengan prodi akuntansi, terutama untuk membantu mencari bahan penelitian dan tugas akhir untuk para mahasiswa/ mahasiswi.
Dan untuk para pelaku bisnis makalah ini dapat membantu mereka untuk mengembangkan bisnis mereka dengan memanfaatkan komputer dalam membantu pekerjaan mereka. Sehingga dapat menimbulkan laba yang lebih besar, waktu yang lebih sedikit sehingga menjadi lebih efektif dan evisien pekerjaanya.

BAB II
PEMBAHASAN



2.1.Peranan komputer dalam pemasaran produk.

Komputer atau dalam bahasan ini teknogi terus bekembang untuk mempermudah pekerjaan manusia. Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian atas program yang dirancang dengan cermat untuk menciptakan pertukaran nilai yang dilakukan secara sukarela dengan pasar sasaran demi tercapainya tujuan-tujuan organisasi (Kotler & Bloom, 1987:5).[5] (Rizali)
Inovasi dalam kegiatan pemasaran untuk menemukan peluang pasar baru dan lebih luas bisa dilakukan dengan mengunakan komputer. Ada beberapa alasan yang menyebabkan perlunya berinovasi d iantaranya adalah karena berkembangnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, di samping adanya persaingan yang ketat diantara bisnis yang sejenis. Dengan demikian para pengusaha dan wiraswastawan harus berusaha bagaimana mencari peluang agar terjadi perubahan yang lebih baik dari keadaan yang telah ada.
Kini inovasi dalam pemasaran dapat dilakukan memlaui komputer atau sering disebut dengan secara online. Pemasaran Online adalah pemasaran secara online yang dilakukan melalui sistem komputer online interaktif yang  menghubungkan pelanggan dengan penjual secara elektronik.
Berikut manfaat adanya pemasaran online:
1.       Murah dan efisien
Untuk dapat membuka toko secara fisik akan membutuhkan modal jutaan rupiah, hal ini berbeda dengan modal yang diperlukan untuk membuat toko online hanya ratusan ribu rupiah, bahkan saat ini sudah banyak fasilitas di internet yang dapat kita manfaatkan untuk membuka toko online dengan gratis. Selain itu biaya operasional toko online hanya pada biaya akses internet tanpa perlu karyawan.
2.       Pemasaran online melalui internet tidak terbatas oleh waktu, tidak seperti bisnis offline lainnya. Layanan pemasaran bisnis melalui internet bisa diakses konsumen kapan saja selama ada jaringan internet.
3.       Pemasaran online melalui internet juga menjangkau pasar lebih luas. Melalui bisnis internet, produk dapat diinformasikan hingga ke seluruh daerah di nusantara, bahkan menjangkau pasar luar negeri.
4.       Dengan memakai strategi pemasaran online melalui internet. Dapat meningkatkan image perusahaan dimata para konsumen, sehingga memberikan nilai lebih untuk menghadapi persaingan bisnis yang ada.
5.       Mengurangi biaya pemasaran, karena pemasaran online melalui internet lebih tertarget dan biayanya relatif lebih rendah dibandingkan biaya pemasaran offline yang biayanya lebih besar untuk membuat brosur, spanduk, banner, neon box, dll.
6.       Memudahkan pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan para konsumen. Karena melalui internat dapat terjalin komunikasi yang interaktif antara konsumen dengan pelaku bisnis, misalnya saja melalui kotak saran atau ruang komentar, serta forum diskusi antar konsumen. Sehingga bila komunikasi terjaga dengan baik, loyalitas konsumen juga dapat meningkat.
Walaupun pemasaran online memiliki banyak keuntungan seperti yang telah disebutkan diatas, pemasaran online juga memiliki kekurangan, yaitu:
1.       Mengharuskan pelanggan untuk menggunakan teknologi internet.
2.       Rendahnya kecepatan koneksi internet juga dapat menjadi hambatan
3.       Konsumen di internet tidak dapat menyentuh, mencium, merasakan atau mencoba barang secara nyata sebelum melakukan pembelian
4.       Adanya penipuan dalam penjualan secara online[6] (Gabtek)
Media yang digunakan untuk melakukan promosi secara online terutama untuk pemula dapat melalui
Facebook                                                                                                                       Facebook bisa menjadi cara terbaik membangun komunitas di sekitar bisnis. Sebagai permulaan, mulailah mengupload foto sampul menarik yang menampilkan produk. Logo merek Anda bisa dijadikan profil gambar.
Berbagi foto di Pinterest
Pinterest mengambil alih ruang internet. Di sini Anda bisa berbagi foto-foto menarik. Yang harus dilakukan adalah klik dan berbagi.

Selalu aktif di situs media sosial
Tidak cukup memulai akun di Facebook atau Twitter. Anda harus menjalankannya secara aktif. Cukup posting jajak pendapat, foto atau kutipan menarik yang berhubungan dengan bisnis. Atur agar orang bisa berkomentar dan berbagi. Secara bertahap akan mendorong produk bisnis Anda.
Membuat blog
Buatlah blog tentang bisnis Anda. Setelah menulis posting baru, langsung link ke Facebook dan Twitter. Dan kirimkan juga ke email teman-teman. Hindari kesalahan teknis dengan memposting tulisan yang terlalu panjang.
Buat jaringan sesama pebisnis
Misalnya jika Anda memiliki bisnis makanan/kue, bergaul dengan koki kecil maupun besar yang terhubung melalui Linkedln atau mengirimkan pesan ke Facebook. Berbagi pekerjaan dengan mereka dan mendapatkan wawasan bagaimana cara menjalankan bisnis. Lalu minta mereka mempromosikan produk atau jasa di blog dan situs mereka.
Blogwalking.
Apa sih blogwalking itu? Blogwalking adalah suatu istilah di mana kita mendatangkan trafik web dengan cara berkomentar di website/blog lain. Misalnya Anda berkomentar di blogdetik, kompasiana, artikel di website berita / portal, maka Anda bisa menyertakan link website Anda pada bagian nama pemberi komentar.


Menggunakan Iklan.
Iklan adalah media pemasaran yang cukup ampuh di internet, selain ampuh pemasaran dengan iklan juga relatif praktis dan mudah. Hanya saja, jelas kita harus membayar bila ingin beriklan. Ada banyak metode periklanan yang bisa Anda coba untuk mengiklankan website Anda, contohnya misalnya :
1.       beriklan di jaringan PPC lokal Indonesia.
2.       Beriklan di Facebook.
3.       Beriklan di Google Adwords.
4.       Memasang iklan baner di website lain.
5.       Iklan dalam bentuk artikel review dari blog lain.
6.       Akan tetapi, akan jauh lebih baik jika Anda tidak hanya mengandalkan iklan, melainkan Anda bisa juga memadukan beberapa strategi lainnya.

Menulislah di Media Online Lain
Sudah banyak artikel yang membahas beberapa cara agar tulisan Anda bisa dibaca banyak orang di internet. Nah selain mengembangkan hobi menulis Anda, menulis di beberapa media online bisa juga menjadi sarana mendatangkan trafik web Anda.[7] (Baliwebs)

2.2.Peranan komputer untuk menstabilkan rencana produksi.

Dalam sistem perencanaan produksi, seorang pengusaha harus mengetahui jumlah stok yang tersedia di gudang supaya produksi dapat memenuhi stok yang kekurangan namun tidak ada stok yang berlebih juga. Kini pencatatn stok dapat dilakukan secara digital.
Untuk mempermudah proses pencatatan kini toko-toko dengan julmlah jenis barang yang bergam telah mengunakan sistem Barcode. Sistem Inventory Asset dengan Teknologi Barcode adalah suatu aplikasi atau software yang memusatkan diri pada sistem komputerisasi Inventory Asset dari mulai penerimaan Asset, Penempatan Asset pada lokasi unit kerja bahkan sampai perhitungan penyusutan Asset tiap bulannya.
Dengan menggunakan sistem database terpusat dan aplikasi yang “User Friendly”, serta memanfaatkan teknologi Barcode, dan senantiasa memberikan kemudahan dengan melakukan penerapan sistem yang sesuai dengan kebutuhan pemakai diharapkan dapat digunakan untuk membenahi Data mengenai Asset yang seringkali diabaikan, padahal Asset adalah Harta Anda.
Sistem Inventory Asset dengan Teknologi Barcode ini ditunjang dengan Portable Data Terminal untuk lebih memaksimalkan Stock Opname terhadap Asset. Sistem Inventory Assetdengan Teknologi Barcode menyediakan beberapa modul yang diperlukan dalam hal pendataan Asset, sehingga tercipta bentuk database yang terintegrasi dan terpusat. Dimulai dari proses Penerimaan Asset, Penyusutan Asset, Mutasi, Peminjaman, Perbaikan Asset, Stock Opname sampai ke proses Reporting/Pelaporan data.[8] (Pengertian Sistem Investory Asset Dengan Teknologi Barcode, 2012)
Sehingga pengusaha dapat memenej rencana keperluan produksi. Seperti kebutuhan bahan pokok apa yang telah habis dapat kita ketahui dengan mudah. Sehingga kegiatan produksi dapat terus stabil tanpa perlu terhambat dengan ketersedian bahan.

2.3.Peranan komputer untuk membatu mempercepat membuat laporan keuangan.

Dalam beberapa dekade terakhir ini teknologi semakin berkembang pesat. Perkembangan teknologi ini telah membawa perubahan bukan hanya dalam pola pikir masyarakat, tetapi juga cara bisnis suatu perusahaan dan bagaimana informasi dipertukarkan. Kemajuan teknologi informasi khususnya internet ditandai dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di indonesia. Pada tahun 2010 total pengguna internet adalah 45 juta orang dan meningkat menjadi 50 juta orang pada semester pertama tahun 2011. Indonesia juga turut serta menyumbang jumlah pengguna internet dunia yaitu sebesar 8,5%.
Dalam dunia bisnis, laporan keuangan adalah salah satu informasi yang menggambarkan sejauh mana kinerja suatu perusahaan. Laporan keuangan juga dapat mengkomunikasikan kepada para investor, kreditor, pihak manajemen, dan semua pihak yang menggunakan laporan keuangan (stakeholder) tentang bagaimana kondisi suatu bisnis. Selain itu, laporan keuangan juga merupakan aspek yang dipertimbangkan untuk mengambil sebuah keputusan baik oleh pihak investor, kreditor, maupun pihak manajemen (stakeholder). Penelitian yang dilakukan oleh Cheng, Lawrence, dan Coy (2000) dalam Howard Davey dan Kanya Homkajohn (2004) menyatakan bahwa 32 (80%) perusahaan dari 40 perusahaan yang ada di Thailand sudah mempunyaiwebsites dan 70 % sudah menyampaikan laporan keuangannya pada websites. Penelitian lain yang dilakukan di Inggris yang melakukan survey top 100 Fortune Global pada 500 perusahaan menunjukkan bahwa 89 % sudah mempunyai websites.
Pemanfaatan teknologi dalam laporan keuangan perusahaan dianggap sangat penting. Karena tanpa hal tersebut, belum tersedia sistem yang terotomatisasi, sehingga masih memerlukan input data secara manual dan berpotensi terjadinya kesalahan (time-consuming and error-prone), belum tersedia ketetapan format yang terstandar (format laporan tidak seragam: PDF, Excel, ataupun Word), belum tersedia alat validasi secara otomatis, sehingga menurunkan kualitas informasi, dan belum tersedia alat untuk melakukan analisis laporan (analysis tools).
Perkembangan teknologi internet yang baru, XBRL, dapat secara mendasar mengubah cara bisnis tentang pemberian informasi kepada investor, pasar dan regulator, dan bagaimana masing-masing kelompok pemangku kepentingan membuat keputusan yang lebih tepat. XBRL juga dianggap memiliki dampak yang signifikan terhadap akuntansi dan pengauditan. Oleh karena pentingnya XBRL ini, maka dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai XBRL dan contoh kasusnya dalam perusahaan.
XBRL merupakan singkatan dari eXtensible Business Reporting Language dan merupakan ‘keluarga’ dari bahasa programming XML (eXtended Markup Language). XBRL merupakan bahasa XML yang dibuat secara khusus untuk kepentingan bisnis.[9] (Anindita, 2014)
      Program pencatatan tersebut dapat kita peroleh dengan secara gratis atau berbayar bila inginkan program yang sesuai dengan pencatatn di perusahan seperti di bawah ini.
Pilih Bee produk sesuai kebutuhan bisnis anda!
Bee POS
Bee Lite
Bee Silver
Bee Gold
Bee Platinum


Pembelian
Pembelian Order & Penerimaan Pembelian
Hutang Usaha
Stock / Inventory
Kas & Bank
Cheque & Rekonsiliasi Bank
Penjualan
Order Penjualan & Pengiriman
POS + Modal/Setoran
Piutang Usaha
General Ledger
Kalender
Reminder
Business Dashboard
Fixed Asset
Budgeting
Multi Department
Project / Job Costing
Multi Gudang
Multi Satuan
Serial Number, Lot. no
Multi Level Harga Jual
Multi Currency
Multi Company
Assembling/Diassembling
Produksi
Harga (Paket Perdana: 1 Lisensi)
1,500,000
2,500,000
2,500,000
3,500,000
6,000,000
Lisensi Tambahan
1,000,000
1,200,000
1,500,000
1,500,000
1,500,000
[10] (Daftar List Produk Software Akutansi)

Atau program gratis seperti
1.       Toshl
Toshl merupakan aplikasi pencatat keuangan  yang memiliki fitur yang  lengkap. Kita bisa menggunakan berbagai fitur tersebut secara gratis. Kemudahan yang ditawarkan selain mencatat setiap pendapatan dan pengeluaran adalah Anda bisa membaginya dalam beberapa kategori. Sehingga Anda bisa melihat segala transaksi yang berkaitan dengan kategori yang Anda ketikan.   
Ada fitur yang berbayar untuk kebutuhan yang lebih kompleks. Anda bisa upgrade dengan berlangganan bulanan. Jika kita menggunakan versi berbayar maka laporannya yang dapat dibuat dalam bentuk Excel, PDF atau Google Docs. 
2.       Expense    
Tampilan antar mukanya lebih sederhana dibandingkan aplikasi keuangan lainnya.  Fitur dariExpense adalah mencatat berbagai pendapatan dan pengeluaran dengan mudah dan cepat. Menambahkan transaksi, chart, budget,  dan account  merupakan fitur standar yang bisa ditemukan di aplikasi ini. Penggunaan aplikasi sangat mudah, kita cukup menambahkan transaksi dengan menekan tombol yang telah disediakan.  
Ada juga tool tambahan, seperti kalkulator biasa untuk perhitungan, sales and taxes yang berguna menghitung pajak, calculator  tips yang memberikan perhitungan pemberian tip saat makan di sebuah restoran, dan currency converter yang berfungsi untuk menghitung pertukaran mata uang. 
3.       NgaturDuit 
Ini adalah aplikasi yang membuat kita merasakan bahwa mengatur keuangan tidak rumit. Kita bisa mencatat segala macam pengeluaran rutin seperti membayar listrik, air, atau gaji bulanan asisten rumah tangga sampai saldo investasi.  Cara penggunaanya pun tidak ribet. Menariknya, kita bisa melakukan konsultasi keuangan secara gratis di Website-nya.  
Aplikasi ini cukup detil, kita bisa menambakan berbagai data yang kita miliki. Kita bisa menambahkan dua rekening yang kita punya, bahkan bisa lebih dari dua. kita bisa melakukan pencatatan untuk keduanya di subyek yang berbeda. Hal ini juga berlaku untuk transaksi dan anggaran. Kita juga bisa menentukan kategori setiap transaksi dan anggaran. 
4.       Neraca Mobile 
Pada tampilan summary neraca mobile, ada ringkasan-ringkasan laporan yang dibuat oleh pengguna. Lalu ada tampilan daftar item dengan tipe debit  (pengurangan), dan kredit (penambahan).  Anda juga bisa export dokumen laporan tersebut sehingga pengguna dapat menyimpan arsip-arsip laporan keuangannya.  
Aplikasi ini menggunakan pencatatan periode yang bisa disetting secara manual maupun otomatis. Periode inilah yang digunakan sebagai keyframe pencatatan. Ketika ganti periode, pencatatan periode sebelumnya secara otomatis terbawa pada periode berikutnya. Hal ini berlaku untuk cashflow, saving dan loan. Untuk allocation, akan selalu melakukan alokasi baru untuk periode berjalan. [11] (Kuncoro)



2.4.Peranan komputer untuk menemukan ketersedian SDM yang sesuai.

Ilustrasi Seleksi Karyawan
Untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan yang diperlukan, perusahaan membutuhkan seleksi yang tepat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa teknis dari segi seleksi tidak lain dari usaha untuk mendapatkan orang-orang yang tepat untuk jabatan yang tepat.
Oleh karena itu, setiap perusahaan harus mampu menempatkan para karyawan pada posisi yang tepat yaitu pada posisi yang sesuai dengan keterampilan dan kemampuan masing-masing. Apabila perusahaan kurang memperhatikan seleksi maka ini berarti menutup jalan untuk mencapai efisiensi kerja yang baik dan menghambat pengembangan manajemen perusahaan ke arah pencapaian tujuan perusahaan. Dari uraian tersebut diatas jelas terlihat bahwa seleksi karyawan mempunyai peranan yang penting dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan.
Oleh itu diperlukan proses seleksi untuk memutuskan pelamar diterima oleh perusahaan. Untuk mendatangkan pelamar perusahaan perlu melakakukan pemberitahuan (iklan) lowongan kerja. Melaui media internet kini kita dapat membuat iklan tetntang dibutuhkan, pegawai di perusahaan kita. Di dalam nya kita dapat mencantumkan penempatan yang kita perlukan serta syarat-syarat yang kita cantumkan serta cara menyamapaikan surat lamaran ke perusahaan.
                Selain itu para pekerja juga menjadi lebih mudah mengetahui info pencarian kerja tersebut. Dan pekerja juga lebih cepat bila di perbolehkan mengirim surat lamarannya melalui E-mail ke salah satu email yang tertera pada keterangan di info pencarian kerja.
Contoh situs-situs yang membantu bertemu nya para pencari tenaga kerja (perusahaan) dan para calon pekerja (pelamar), ialah sebagai berikut:

Kemudia melakukan sleksi kerja dengan mengundang E-mail balasan kepada karyawan yang menurut kita sesuai dengan kreteria yang di inginkan dalam surat lamarannya. Proses Seleksi merupakan untuk mempertemukan syarat-syarat yang diinginkan dengan orang yang akan diterima menjadi karyawan dapat bekerja sebagaimana yang diharapkan perusahaan sesuai dengan yang tertera pada uraian jabatan, sehinggga semboyan daripada The Right Man On The Right Place akan menjadi kenyataan.[12] (Pustaka, 2012)
Dalam proses sleksi kita memerlukan data yang kita simpan saat proses sleksi sepeti data. Saat tes tertulis berapa orang yang berhasil. Tes wawancara berapa bobot dari masing-masing perlamar. Kita dapat melaukan penilaian secara manual bila jumlah pelamar yang datang hanya sedikit. Namun bila jumlah pelamar banyak kita dapat mengakan aplikasi dari komputer untuk mempermudah dalam proses penyeleksian.
Bahakan untuk beberapa tempat kini tes secara online telah di terapkan dalam perusahaan. Seperti hal nya tes untuk menjadi CPNS kini telah dilakukan secara ONLINE untuk mengurangi resiko kecurangan dalam tes tersebut.



BAB III
PENUTUP



3.1.Kesimpuan

Dalam pembahasan ini telah diketahui bahwa pengunaan komputer untuk dunia bisnis sudah sangat membantu bahakan menjadi kebutuhan. Dengan mengunakan media teknologi yang semakin cangih dapat membatu kinerja kita. Hal ini terbukti dengan pekerjaan yang kita lakukan menjadi semakin cepat selesai dan biaya yang kita keluarkan pun ikut berkurang.
Seperti hal nya dalam proses pemasaran produk, kini kita bisa mengunakan media online yang gratis untuk mengiklankan produk dengan potensi pembelian yang tinggi. Membantu pembisnis untuk tepat guna dalam mengunakan uanganya dalam proses produksi. Membantu kerja para angkuntan untuk menyediakan lapporan keuangan pusaan ke padan atasan dan pihak lainya. Serta membantu tersedianya layanan yang mempertemukan antara pencari tenaga kerja dan pencari kerja, sehingga kini untuk para calon pelamar tidak perlu lontang lantung mencari kerja tanpa tujuan. Karena saat kita keluar tuk hadir ke perusaan itu saat kita ingin melakukan interfiew dengan perusahaan
Bukan hanya dalam dunia bisnis komputer atau teknologi saat ini juga dapat sangat berguna bagi berbagai bidang kehidupan manusia. Mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, pengetahuan, bahan kini orang lebih cenderung berkomunikasi melaui media Online di bandingkan, berkomunikasi secara langsung.

3.2.Saran

Saran saya untuk para pembisnis, mereka akan berkembang bila terus up-date perkembangan teknologi yang ada untuk membantu perkembangan perusaan.  Serta dapat mencari peluang usaha baru di perusaanya yang dapat membentuk anak perusaan.
Kita juga jangan menuhankan teknologi sampai-sampai etika tidak di pergunakan lagi dalam berbisnis. Permudanya keluar masuk data dalam dunia digital ini dapat menimbuklan kejahatan secara syber
Oleh karena itu komputer atau teknologi yang berkembang saat ini juga membawa dampak negatif. Dampak negatif nya juga bersal dari beragam hal. Oleh karena itu mari kita mengunakan teknologi ini secara bijak. Agar dampak-dampak negatif yang ada dapat kita minimalisir








                       DAFTAR PUSTAKA             



Anindita, W. (2014). Pengantar Teknologi Sistem Informasi Akuntansi. http://wandaanindita.blogspot.com/2014/01/extensible-business-reporting-language.
Baliwebs. (n.d.). Strategi promosi secara ONLINE. http://www.baliwebs.com/id/artikel-berita/86-strategi-promosi-secara-online.html.
(n.d.). Daftar List Produk Software Akutansi. http://www.softwareakuntansi.net/h2/software-akuntansi-indonesia.html.
Gabtek, A. (n.d.). Manfaat pemasaran secara online. http://arekgaptek.blogspot.com/2011/05/manfaat-pemasaran-online.html.
Kuncoro, D. A. (n.d.). 4 Aplikasi Yang Memudahkan Pencatatan Keuangan. http://portalpengusaha.com/keuangan/4-aplikasi-yang-memudahkan-pencatatan-keuangan.
Madura, J. (2007). Introduction to Businees, 4th ed (Pengatar Bisnis edisi 4)”. Jakata: Salemba Empat. E-BOOK di https://books.google.co.id/books?id=RgIeOtc1qCkC&pg=PA4&hl=id&source=gbs_toc_r&cad=3#v=onepage&q&f=false.
(2012). Pengertian Sistem Investory Asset Dengan Teknologi Barcode. http://sisteminventoryasset.blogspot.com/2012/10/pengertian-sistem-inventory-asset.
Pustaka, K. (2012). Sleksi penerimaan karyawan. http://www.kajianpustaka.com/2012/10/seleksi-penerimaan-karyawan.html.
Rizali, N. (n.d.). Peranan Inovasi dalam pemasaran produk. http://www.academia.edu/3804728/PERANAN_INOVASI_DALAM_PEMASARAN_PRODUK.
Wikipedia. (2015, April 20). Komputer. https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer, p. pukul 10.58.
Wikipedia. (n.d.). Bisnis. https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis.






[1] Wikipedia. “Komputer”. https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer. Disunting 20 April 2015, pukul 10.58.
[2] Wikipedia. “Bisnis”. https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis.
[3] Jeff Madura.2007 “Introduction to Businees, 4th ed (Pengatar Bisnis edisi 4)”. E-BOOK di https://books.google.co.id/books?id=RgIeOtc1qCkC&pg=PA4&hl=id&source=gbs_toc_r&cad=3#v=onepage&q&f=false. Salemba Empat. Jakata. Hal:11
[4] Ibid. Hal:12

[5] Nanang Rizali. Peranan Inovasi dalam pemasaran produk. http://www.academia.edu/3804728/PERANAN_INOVASI_DALAM_PEMASARAN_PRODUK
[6] Gabtek. Manfaat pemasaran secara online. http://arekgaptek.blogspot.com/2011/05/manfaat-pemasaran-online.html.
[7] Baliwebs. Strategi promosi secara ONLINE. http://www.baliwebs.com/id/artikel-berita/86-strategi-promosi-secara-online.html

[8] Pengertian Sistem Investory Asset Dengan Teknologi Barcode.             http://sisteminventoryasset.blogspot.com/2012/10/pengertian-sistem-inventory-asset.html. Monday, October 15, 2012

[9] Wanda Anindita. Pengantar Teknologi Sistem Informasi Akuntansi. http://wandaanindita.blogspot.com/2014/01/extensible-business-reporting-language.html. Rabu, 08 Januari 2014

[11] Danu Ardi Kuncoro. 4 Aplikasi Yang Memudahkan Pencatatan Keuangan. http://portalpengusaha.com/keuangan/4-aplikasi-yang-memudahkan-pencatatan-keuangan
[12] Kajian Pustaka. Sleksi penerimaan karyawan. Minggu, 28 Oktober 2012. http://www.kajianpustaka.com/2012/10/seleksi-penerimaan-karyawan.html


post bY Setiorini SRKAN

1 komentar:

  1. Caesars completes purchase of Caesars casino - Dr.
    Caesars Entertainment 경산 출장샵 Inc. (NASDAQ: CZR) will 서울특별 출장마사지 acquire Caesars Entertainment Inc. (NASDAQ: 서울특별 출장안마 CZR) for 김제 출장샵 $7.9 billion in 양산 출장샵 cash.

    BalasHapus